Cara Membuat Denah Rumah Sederhana Tetap Menawan - Jogja Rumah Minimalis, Agen Jual Rumah, Rumah Minimalis Tampak Depan, Rumah Minimalis Sederhana

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana Tetap Menawan


Denah rumah sederhana bisa dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing orang. Untuk membuatnya, langkah yang harus dilakukan juga cukup mudah. Namun dalam membuat denah rumah sederhana perlu dilakukan dengan teliti dan cermat. Berikut penjelasannya.
Langkah Membuat Denah Rumah Sederhana
Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Setiap orang pasti ingin memiliki rumah sendiri. Namun saat ini harga rumah kian melambung tinggi. Apalagi jika membeli rumah di perumahan biasanya desain rumahnya sangat standar dan tidak sesuai dengan selera dan kebutuhan setiap keluarga. Oleh karena itu, untuk memiliki rumah sederhana yang sesuai dengan selera bisa dilakukan dengan membuat sendiri denah rumah sederhana yang ada.

Salah satu langkah sebelum membuat denah rumah adalah mencari beberapa referensi dan contoh denah rumah minimalis yang ada. Hal ini akan memberikan gambaran umum kebutuhan akan rumah. Setelah itu, lakukan langkah berikut ini:
1.      Daftar penghuni dan ruang
Sebelum membuat denah, pastikan dulu daftar calon penghuni rumah tersebut. Hitung jumlah anggota keluarga yang akan berhuni di rumah tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui ruang apa saja yang dibutuhkan. Jika sudah memutuskan anggota keluarga, maka buat program ruang. Program ruang bukan hanya daftar ruang yang dibutuhkan, namun juga persyaratan ruang tersebut. Misalnya kamar tidur orang tua sebaiknya dekat dengan ruang tamu, atau kamar mandi sebaiknya dekat dengan kamar tidur, dan sebagainya. Hal ini penting untuk membuat denah yang benar-benar mampu memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga.
2.      Sketsa denah atau konsep zonasi
Setelah itu, buat konsep zonasi atau sebuah sketsa denah. Misalnya jika ingin membuat denah rumah minimalis 3 kamar tidur 3d, maka tentukan area publik, semi publik, dan privatnya. Area publik biasanya dekat dengan pintu keluar dan jalan. Area semi publik biasanya ada di tengah, sedangkan area privat biasanya ada di paling dalam. Atau bisa juga membuat konsep zonasi dari konsep rumah yang diinginkan. Misalnya jika ingin taman di dalam rumah, maka konsep zonasinya akan lebih berbeda.
3.      Menempatkan setiap ruang sesuai konsep
Setelah menentukan konsep zonasi. Letakkan setiap ruang sesuai dengan konsep zonasi yang tadi sudah dibuat. Misalnya ruang tamu dan teras letaknya ada di area publik. Maka letaknya ada di depan. Ruang keluarga, ruang makan, dapur, serta kamar mandi adalah ruang semi publik. Maka letaknya ada di tengah rumah. Sedangkan area privat yang merupakan area kamar tidur diletakkan jauh dari ruang tamu. Tempatkan setiap ruangan sesuai dengan konsep zonasi atau sesuai selera penghuni rumah.
4.      Mengeksplor denah atau sisa ruang yang ada
Setelah itu, denah tersebut belum sepenuhnya jadi. Mungkin saja perlu ada penambahan dan pengurangan ruang, oleh karena itu, eksplor lebih dalam denah yang benar-benar dibutuhkan. Bila ada sisa ruang yang tidak terpakai, bisa saja dialih fungsikan menjadi ruang cuci atau tambahan ruang dapur. Sesuaikan dengan selera. Jika ruangan terlalu sesak, ada baiknya mengatur ruang agar lebih efektif lagi.
5.      Trial and error
Jika sudah menemukan denah incaran yang dikehendaki, lakukan trial and error untuk sedikit-sedikit memodifikasi denah agar denah lebih terasa nyaman. Trial and error ini bisa dilakukan untuk menentukan posisi pintu, jendela, dan lain-lain. Bila perlu buat beberapa alternatif denah. Misalnya untuk denah rumah 2 kamar, jika masih ada sisa ruang, bisa saja membuat alternatif denah rumah 3 kamar. Alternatif desain ini digunakan untuk mengembangkan selera desain dari penghuni rumah untuk kemudian didiskusikan dengan anggota keluarga yang lain.
6.      Tetapkan denah
Jika sudah membuat beberapa alternatif denah rumah sederhana, lakukan penilaian pada masing-masing denah rumah. Ketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing alternatif. Bila perlu, konsultasikan kepada penghuni rumah yang lain. lalu, tetapkan denah mana yang akan dibangun menjadi rumah yang utuh.
7.      Gambar ulang denah dengan rapi plus perabot
Jika denah sudah disepakati atau sudah ditetapkan, maka gambar ulang denah tersebut dengan rapi dan sesuai dengan ukuran. Sebaiknya menggunakan aplikasi gambar arsitektur. Namun jika tidak memiliki aplikasi, gambar saja di kertas milimeter block untuk memudahkan membuat skala. Jika sudah, maka tambahkan perabot sesuai dengan skala untuk melihat kenyamanan ruang tersebut secara sirkulasinya. Jika dirasa perabot terlalu besar dan susah diatur, maka diperlukan eksplorasi lebih lanjut, misalnya dengan mengubah letak pintu, jendela, dan sebagainya.

Demikianlah cara atau langkah yang bisa dilakukan dalam membuat denah rumah sederhana. Selalu sesuaikan rancangan denah rumah sesuai dengan kebutuhan berhuni. Sebisa mungkin jangan sampai ada ruang yang terbuang sia-sia. Efektifkan ruang, dan sebisa mungkin, buat denah dengan sirkulasi udara yang baik. Semoga bermanfaat.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

    About Us

    RUMAH MINIMALIS JOGJA

    Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


    : [email protected]



    DMCA.com Protection Status

    Popular Posts

    Hubungi Kami