Merancang Tampak Depan Rumah Minimalis Lebar 10 Meter - Jogja Rumah Minimalis, Agen Jual Rumah, Rumah Minimalis Tampak Depan, Rumah Minimalis Sederhana

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Merancang Tampak Depan Rumah Minimalis Lebar 10 Meter


Tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter tentu bisa dieksplorasi lebih lanjut untuk mendapatkan harmonisasi visual yang diinginkan. Namun, kebanyakan rumah minimalis dengan lebar 10 meter kurang dikembangkan, khususnya dalam tata tampaknya. Padahal 10 meter untuk ukuran lebar rumah itu sudah cukup ideal. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips mendesain tampak depan rumah minimalis dengan lebar 10 meter.
Tips merancang tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter
Tanah kavling memang merupakan salah satu jenis tanah yang paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan tanah kavling biasanya telah memiliki sistem pembagian tanah yang baik serta memiliki perencanaan akses yang bisa diandalkan.
Saat ini ukuran kavling memang banyak yang dijual dalam standar yang kecil, misalnya 6x9 meter atau 6x12 meter. Namun jika seseorang memiliki kemampuan finansial yang berlebih, tentu tanah dengan ukuran lebar 10 meter bisa memenuhi kebutuhan berhuni suatu saat nanti. Apalagi jika tanah tersebut memang akan dikembangkan menjadi rumah.
Hal yang perlu dipahami dari tanah dengan ukuran lebar 10 meter adalah tanah tersebut bisa diolah menjadi denah rumah minimalis, baik satu lantai ataupun dua lantai. Sama halnya dengan tampak depan rumah minimalis lebar 12 meter, rumah dengan lebar 10 meter bisa dibagi menjadi beberapa bagian atau modul. Misalnya tanah dibagi-bagi dengan garis bantu dengan ukuran 3 – 4 – 3 meter. Dengan begitu, akan didapatkan denah yang bisa ditata secara maksimal dengan tiga lajur ruang yang bisa didapatkan.
Jika sudah demikian, maka dibutuhkan tata cara desain tampak yang benar-benar menarik. Simak penjelasannya berikut ini.
1.      Kesan fokus untuk membuat rumah tampil megah
Cara pertama untuk membuat tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter menjadi indah dan terlihat megah adalah dengan memberikan kesan fokus. Kesan fokus merupakan kesan yang melekat pada rumah yang membuat seseorang bisa tertarik dengan rumah tersebut saat pertama kali melihatnya. Kesan fokus bisa dicapai dengan beberapa cara, di antaranya:
a.       Kesan fokus dengan perbedaan ketinggian atap
Rumah di tapak 10 meter bisa diberikan kesan fokus, salah satunya dengan membuat ketinggian atap di lajur tengah lebih tinggi dari lajur kanan dan kiri. Biasanya ukuran tinggi rumah minimalis 1 lantai adalah 3 meter (dinding) ditambah kurang lebih 1,5 meter (atap). Untuk lajur paling tengah, ketinggian atap bisa diperbesar. Misalnya menjadi 1,8 meter atau 2 meter.
b.      Kesan fokus dengan perbedaan bentuk atap
Cara lain untuk memberi kesan fokus adalah membentuk atap di lajur tengah berbeda dengan lajur kanan dan kiri. Misalnya jika lajur kanan dan kiri menggunakan atap jenis pelana, maka lajur tengah bisa diubah menjadi jenis perisai.
c.       Kesan fokus dengan perbedaan material penutup dinding
Atau bisa juga memberi kesan fokus dengan melingkupi lajur tengah rumah dengan material yang berbeda pada dinding. Misalnya dengan menambah batu alam di bagian tiang atau dinding di lajur tengah.
2.      Desain pagar yang tidak mengacaukan fokus
Jika sudah membentuk kesan fokus yang baik, usahakan untuk membuat desain pagar yang tidak mengacaukan kesan fokus yang sudah ada. Misalnya jangan membuat pagar dengan bentuk yang terlalu padat atau terlalu tinggi, karena pagar merupakan elemen yang menutupi rumah. Namun pagar tidak seharusnya menjadi batasan estetika dari sebuah rumah.
3.      Warna yang kontras untuk penekanan
Tips lain untuk merancang tampak depan rumah di tapak dengan lebar 10 meter adalah memberikan warna yang kontras untuk penekanan. Namun warna yang dipilih tidak perlu terlalu ramai. Usahakan agar tetap menggunakan warna yang memiliki hue sama, misalnya warna krem dengan warna cokelat. Kedua warna ini akan memberikan kesan kontras yang baik, namun tidak akan menimbulkan kesan yang terlalu ramai.
4.      Memberikan akses secondary entrance
Karena lahan memiliki lebar yang cukup panjang, ada baiknya memberikan akses tambahan berupa pintu selain pintu utama. Hal ini akan memungkinkan penghuni rumah dapat masuk ke dalam rumah jika sewaktu-waktu di ruang tamu ada banyak tamu. Secondary entrance juga akan memberikan kesan yang berbeda pada rumah minimalis yang muka bangunannya cukup lebar.
5.      Sesuaikan dengan jumlah lantai
Tampak depan rumah minimalis 2 lantai lebar 10 meter tentu akan berbeda dengan rumah minimalis 1 lantai. Oleh karena itu, desain tampak lantai satu dengan lantai dua harus tetap dalam satu kesatuan bentuk dan warna. Hal ini penting, karena rumah dua lantai harus terlihat lebih indah daripada rumah satu lantai.
Demikianlah beberapa tips untuk merancang tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter yang bisa dilakukan. Selalu perhatikan desain tampak agar sesuai dengan keinginan dan selera penghuni rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

    About Us

    RUMAH MINIMALIS JOGJA

    Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


    : [email protected]



    DMCA.com Protection Status

    Popular Posts

    Hubungi Kami