Tampak Depan Rumah Minimalis 2 Lantai - Jogja Rumah Minimalis, Agen Jual Rumah, Rumah Minimalis Tampak Depan, Rumah Minimalis Sederhana

Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

Featured Slider Styles

Display Trending Posts

Display Instagram Footer

Dark or Light Style

Tampak Depan Rumah Minimalis 2 Lantai


Tampak depan rumah minimalis 2 lantai tentu perlu dirancang dengan sangat baik, karena rumah dua lantai memang merupakan jenis rumah yang memiliki area dinding muka rumah yang lebih luas. Rumah dua lantai yang didesain dengan baik tentu akan membuat orang yang melihatnya menjadi terkesima. Oleh karena itu simak beberapa tips yang harus dilakukan berikut ini. 
Hal yang perlu diperhatikan saat merancang tampak depan rumah minimalis 2 lantai
Rumah minimalis saat ini memang sedang trend. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan hunian di daerah perkotaan yang terus meningkat, sementara lahan yang ada kian lama kian menjadi mahal. Oleh karena itu konsep rumah minimalis hadir sebagai solusi berhuni yang praktis dan bisa dibangun walaupun dalam tapak yang ukurannya tidak begitu luas.
Namun jika seseorang menghendaki hunian yang luas di tapak yang tidak begitu luas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun rumah 2 lantai mungil. Rumah dua lantai tentu akan mampu memenuhi kebutuhan luas ruang yang ideal untuk memaksimalkan potensi ruang itu sendiri.
Namun untuk membuat rumah dua lantai, bukan hanya aspek fungsional ruang yang dibutuhkan, melainkan juga aspek estetika atau tampilan luarnya. Oleh karena itu tampak depan rumah minimalis 2 lantai sangat perlu untuk didesain dengan baik. Dalam mendesainnya, tentu ada perbedaan antara rumah satu lantai dengan rumah dua lantai. Oleh karena itu, berikut ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain tampaknya:
1.      Kantilever
Kantilever merupakan salah satu teknik di dalam bangunan yang bisa menampung lantai dua melebihi lantai satu (lebih menjorok keluar) tanpa adanya kolom. Sistem kantilever ini biasanya hanya bisa dilakukan selebar 1 meter dari dinding luar lantai satu. Namun, keberadaan kantilever ini akan membuat tatanan tampak depan rumah minimalis 2 lantai modern bisa terlihat lebih megah dan indah.
Selain itu, kantilever juga berfungsi untuk memberikan pembayangan jendela atau pintu di bawahnya. Pembayangan itu tidak haya akan memberikan kesan teduh untuk ruang di bawahnya, melainkan juga akan memberikan kesan estetika yang alami. Pembayangan yang berbeda-beda setiap waktu akan memberikan kesan bahwa rumah itu juga berubah-ubah kesan yang diberikan kepadanya.
2.      Balkon
Di rumah dua lantai biasanya juga ada balkon. Balkon ini biasanya berfungsi sebagai teras yang bisa memungkinkan penghuni rumah untuk bisa menikmati lingkungan sekitar dari lantai dua. Balkon ini juga perlu diperhatikan dalam mendesain tampak depan model rumah minimalis 2 lantai sederhana.
Balkon perlu dilingkupi dengan pagar pembatas yang harus disesuaikan dengan desain tampak dari rumah secara keseluruhan. Saat ini ada banyak desain pagar pembatas balkon yang sesuai dengan rumah minimalis. Biasanya bentuknya sederhana, bisa berupa garis-garis vertikal atau horizontal, atau bahkan saat ini ada jenis pagar pembatas balkon yang berupa kaca polos dengan rangka besi. Bentuk ini tentu sangat modern dan cocok untuk rumah minimalis.
3.      Bentuk atap
Bentuk atap rumah dua lantai tentu lebih mudah diolah daripada rumah satu lantai. Jika rumah minimalis satu lantai hanya bisa memberikan alternatif atap jenis pelana, maka rumah dua lantai minimalis bisa diolah dengan bentukan atap lain, misalnya perisai atau gabungan antara perisai dengan pelana. Hal ini akan semakin memperkaya visual rumah tersebut.
4.      Pintu dan jendela
Untuk rumah satu lantai, mungkin elemen pintu dan jendela tidak memberikan pengaruh berarti dalam tatanan tampaknya. Namun rumah dua lantai sudah tentu wajib memperhatikan tatanan pintu dan jendelanya. Bukan hanya itu, pintu dan jendela dari rumah dua lantai perlu diperhatikan bentuk dan keselarasannya. Demikian juga dengan elemen penghias pintu dan jendela seperti ventilasi, roster, dan sebagainya.
5.      Jenis tanaman
Untuk rumah satu lantai, jenis tanaman yang ditanam mungkin juga tidak banyak, namun untuk rumah dua lantai, jenis tanaman yang bisa ditanam lebih bervariasi. Bahkan untuk tanaman tinggi pun bisa diterapkan di depan rumah dua lantai.
6.      Tata lampu
Salah satu hal penting yang wajib diperhatikan untuk rumah dua lantai adalah sistem lighting-nya. Biasanya dibutuhkan lampu eksterior yang lebih banyak. Lampu-lampu itu harus dapat memberikan penerangan dan juga kesan estetika yang baik untuk rumah dua lantai.
Jika rumah menggunakan sistem kantilevel, maka lampu bisa dipasang dibawah kantilevel itu untuk menerangi bagian lantai satu. Sementara itu, untuk menerangi bagian lantai dua, lampu bisa ditata di plafond luar atap rumah. Lampu yang digunakan bisa berupa lampu sorot atau lampu downlight.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain tampak depan rumah minimalis 2 lantai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak pihak. Selamat mencoba.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Supplier Marmer Granit] [img=] [description=Your Description Here] (facebook=Facebook Profile Url) (twitter=Twitter Profile Url) (instagram=Instagram Profile Url) (bloglovin=Blogvin Profile Url) (pinterest=Pinterest Profile Url) (tumblr=Tumblr Profile Url)

    About Us

    RUMAH MINIMALIS JOGJA

    Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


    : [email protected]



    DMCA.com Protection Status

    Popular Posts

    Hubungi Kami